Saturday, March 14, 2009

Euritmik

Salah satu kebiasaanku kalau dengar lagu dan lagu itu enak .. pasti badan ini langsung goyang (gak peduli berapa besarnya.. dan lagi berada dimana :)) pasti goyang!. Meski cuma kepala.. atau kaki, atau hanya jempol .. yang pasti aku gak bisa diam.

Dulu saat belum menikah, kalau dengar lagu bagus aku sering menari sambil menggendong kucing2 kakakku hihi. Nah sejak Nadya lahir, tentunya Nadya dung yang digendong dan kuajak nari-muter2- goyang2 sambil dengar lagu. Apalagi bisa dibilang rumah ini gak pernah sepi dari suara musik. Berbagai jenis musik bergantian terdengar di sini.

Ternyata... kebiasaanku ngajak Nadya bergoyang- sejak dia berumur beberapa hari- merupakan salah satu model pengajaran euritmik. Memang sih tidak memakai irama khusus, mungkin lebih tepatnya pengajaran tentang ritme/irama saja ke anak.

Euritmik adalah semacam pendidikan tentang ritme atau irama khusus yang diciptakan oleh Emile Jaques Dalcroze untuk mengasah kepekaan dan intelektualitas siswa. Dalam latihan euritmik, anak-anak diajarkan bagaimana mendengarkan dan merasakan musik di pikiran mereka. Musik bukan hanya dinikmati dengan telinga, tetapi juga dengan gerak. Tujuan euritmik adalah melatih pikiran dan tubuh untuk sadar akan adanya irama, selanjutnya mencapai keselarasan antara jiwa dan raga, sampai akhirnya membangkitkan imajinasi yang merangsang kreativitas ( http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0307/19/pustaka/436223.htm)

hmm sekarang ini bisa dibilang kalau Nadya kayak aku. Begitu dengar lagu yang melodinya enak di dia.. langsung deh dia menari2 mengikuti irama gak peduli sedang berada dimana (seperti yang terjadi di http://sekolahnadya.blogspot.com/2009/03/berani.html - menari di mall)

Hal yang sama terjadi kemarin.. (seharian itu). Saat aku mendengarkan lagu Jason Mraz - I'm Yours dari youtube - karena penasaran sesudah baca postingannya mas Aar di http://www.sumardiono.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1752&Itemid=139 - Nadya langsung mendatangiku dan bertanya, "Itu lagu apa? Musiknya enak..." dan dia langsung menari mengikuti irama.. begitu lagu selesai minta diulang..diulang.. dan diulang terus. Ternyata disini juga 'kecanduan' sama Jason Mraz... :))

No comments: