Saturday, March 14, 2009

Cara Nadya Belajar...

"Setiap anak belajar dengan cara yang berbeda"

Satu-satunya hal yang konsisten yang kulakukan setiap hari adalah membacakan cerita ke Nadya. Mau siang, sore atau malam selalu ada acara membacakan cerita. Ada cerita yang bahasa indonesia ada yang bahasa inggris atau keduanya. Ternyata dari situ Nadya belajar mengenal kata.. tepatnya sih dia mengenal kata dari bentuk setiap hurufnya. Misalnya dia kenal kata "KAMU" dia akan langsung tahu kata "KAMU" yang tertulis dimana-mana, tapi dia belum tahu kata "KAMU" itu terdiri dari abjad apa saja.

Beberapa waktu yang lalu dia mulai tertarik belajar alfabet. Berawal dari lagu ABC versi bahasa inggris. Selama ini kalau nyanyi lagu ABC-versi indonesianya, dia selalu mengatakan huruf W itu 'double u". Setiap kali dibenarkan ternyata balik lagi ke 'double u".. akhirnya aku kasih lagu yang versi inggrisnya. HAH!! gak butuh 3 kali dengar.. dia langsung mengenal polanya, dan lebih lancar ABC bahasa inggris.. (sampai sekarang aku belum mengetahui kenapa bisa gitu.. wong mama papanya setiap hari bahasa indonesia tok! mungkin karena dari lagu2 atau film playhouse).

Suatu hari dia bertanya padaku,"Sepeda' - hurufnya apa saja?" (saat itu kami lagi naik sepeda). Aku sebutkan huruf-hurufnya. Dia mengulang lagi dengan pengucapan ABC -bahasa inggris. Waduh.. aku sempat bingung juga pada awalnya. sempat ragu bagaimana cara meluruskannya. Akhirnya aku bilang.. sepeda itu bahasa Indonesia pengejaannya ..... dan Sepeda dalam bahas inggris itu - bicycle- pengejaannya .... (semuanya aku sebutkan dengan ejaan per huruf sesuai bahasanya).

Nah... ternyata sejak saat itu dia mulai sering bertanya, "Hurufnya apa saja untuk kata "X" (X = benda-benda yang dia lihat). Selain itu juga dia selalu minta versi-bahasa inggrisnya dari kata-kata yang dia tanyakan. Setiap disebutkan satu persatu hurufnya, dia akan memulai menulisnya di udara.
Biar tidak hanya sekedar dibayangkan bentuk hurufnya, sekarang ini aku kemana-mana selalu membawa notes kecil dan pulpen. Begitu dia bertanya hurufnya apa saja, sesudah dia menulis di udara, aku sempatkan menulis juga di notesku dan kutunjukkan hasilnya ke Nadya.

Yang jelas kalau bukan dia yang bertanya.. maka aku yang akan bertanya. Permainan ini sampai sekarang masih jadi permainan kesukaannnya.. (makanya aku manfaatkan hihi). Pertanyaannya sering mendadak. Seperti kemarin saat lagi mandi tiba-tiba dia berseru, "Mama.. 'ulekan' bahasa inggrisnya apa?" (O.. o.. apa ya? ) untuk yang satu ini aku belum menemukan jawabannya ..:D ada yang bisa bantu?

3 comments:

Andrei B. said...

Ulekan? waah Nadya juga buat Om andrei nyerah. ck...ck..ck...

devi said...

Ulekan... Grinder kah?

devi said...

Ralat... ulekan itu ternyata namanya mortar.. ato stone mortar. Ta' pikir grinder karena biasanya ada alat yang namanya wood garlic grinder, alias ulekan kayu.